Sabtu, 08 Maret 2008

#4 Solo.. Oh,Solo.... Part 2

Buat yg baru baca blog gw,lebih baik baca post sebelumnya...

Senin,1 Oktober 2007
Hari itu adalah jadwal keberangkatan gw ke Solo. Gw didampingi nyokap. Nyokap gw menganut prinsip 'Mamaku manajerku..' ala Mamamia. Sialnya,nyokap menggunakan itu untuk 'makan gaji buta'. hahaha... Sebagai anak yang berbakti,gw hanya bisa pasrah.

Pesawat gw dijadwalkan berangkat pukul 06.45. Garuda pula! Pasti ontime deh! Gw naik pesawat ke Jogja,karena tiket yg ke Solo HABIS! Jadi,dari Jogja gw bakal dijemput oleh panitia ke hotel. Pagi itu gw berangkat jam 04.30,karena jarak dari rumah gw ke Cengkareng cukup jauh. Udah mana hari senin,pasti pagi" udah macet. Jalan menuju ke sana pun rute macet bo! Abis makan sahur,gw berangkat ke bandara. Masih ngantuk. Nyawa belom ngumpul. Di mobil,gw cuma bisa tidur selama perjalanan. Ngumpulin tenaga buat acara siang nanti.

Jam setengah 6an,gw sampai di bandara. Gile dah! Masih gelap pagi" aja,tuh tempat udah rame. Ada bule" juga. Hahahahaha... Kira" butuh 30menit buat ngurus boarding pass,ngeberesin barang",dan nunggu nyokap gw beser. Masih jam 6 lewat. Gw masih boarding. Daripada bengong,gw baca Cinta Brontosaurus favorit gw. Haha... Ampuh bgt tu buku buat ngilangin ngantuk! Daripada ngobrol ga jelas sama nyokap,membaca lebih baik. Betul kan?

Jam 06.30,penumpang udah harus naik ke pesawat. Koper gw taro di bagasi. Jadi,gw ga ribet karena cuma bawa 1tas selempang coklat yg pasti anak ABNONKU 2007 punya semua! Tas itu cuma berisi barang" sangat penting gw yg sangat berharga. Selama perjalanan di pesawat,gw cuma bisa bengong...

Pukul 07.45,gw sampai di Jogja. Here I come! Begitu nginjek Jogja,gw langsung inget temen" JJ gw tercinta yang tinggal di kota itu. Puspita, Tantri, Yani, dan si Bungsu Rina. Gw pengen bgt ketemu mereka! Udah hampir 2tahun gw ga ketemu mereka sejak karantina Lomba Mengarang Tingkat Nasional SMP-MTs 2005. Kalo ada waktu,gw bakal sempetin ketemuan sama mereka!

Nyokap langsung menghubungi panitia. Ternyata,panitia nggak bisa jemput gw!!! SIALAN!! Terpaksa gw ma nyokap naik taksi ke Solo,tepatnya di Hotel Arini. Gw pun langsung cabut. Perjalanan Jogja-Solo memakan waktu kurang lebih 1 setengah jam. Di taksi,waktu itu gw habiskan dengan isi tenaga (baca: TIDUR). Lalu,sampailah gw ke tempat tujuan.

Ternyata,Hotel Arini yg bakal jadi tempat tidur gw malam itu adalah sebuah wisma kecil dengan fasilitas yang sangat sederhana. Bangunannya beda sama hotel" yg biasa gw tempati. Suasananya berasa rumah bgt! PW dah! Gw dan nyokap mengurus semuanya dengan panitia,menyangkut kamar dan jadwal acara gw (berasa artis dah gw!). Saat itu waktu menunjukkan pukul 9,sedangkan acara gw masih jam 2. Maka,gw memutuskan untuk melanjutkan TIDUR. Hahaha.. Gw emang tukang ngorok kelas Paus! Selama ada kesempatan dalam kesempitan,gw bisa aja tidur!

Baru aja satu jam gw tidur,Bu Made ngedatengin kamar gw. Ngasi liat esai gw yg udah dirangkum dan siap ditempel saat pameran malam nanti. Wah! Bangganya gw... Baru kali ini esai gw dipajang! Ada perasaan seneng,juga narsis. Hehehe... Bu Made juga bilang,rencananya esai" yang juara akan dipublikasikan. Sapa tau gw dapet rejeki tambahan dari royalti! Amiiin...

Bu Made ngajak gw main" ke kamar panitia. Di sana,gw ketemu juara Fotografi. Namanya Budi,anak Jogja (yup! bertambah lagi temen gw yang anak Jogja!). Di teras kamar panitia,gw liat ada foto" hasil pemenang" fotografi tahun" sebelumnya yg udah dibungkai. Unik" bgt lho! Keren! Si Budi aja ngambil gambar rumah anti gempa yang ada di Jogja. Mirip rumah" Teletubies! Hahaha...

Jam 12 tiba" Bu Made nyamperin kamar gw lagi. Katanya,jadwal gw dipercepat. Jam 1 gw harus udah di tempat. Tempat acara itu bernama Ketelan(apalah itu! Gw lupa..). Mampus! Alamat gw harus buru"! Gw ga tau tempat acaranya jauh dari hotel apa nggak. So,gw buru" siap". Setelah siap,gw langsung turun ke tempat panitia. Kita berangkat naik mobil. Karena di mobil nggak ada yang ngerti jalanan Solo,jadilah kita nyasar & muter" kayak orang bego selama beberapa menit. Hahaha... Untungnya,di mobil satu lagi ada Budi. Dia ngerti bgt jalanan Solo. Kita sampai di tempat dengan selamat. Huff...

Ternyata,tempat gw akan menerima uang 5juta itu hanyalah sebuah TENDA! Tempatnya ada di pemukiman penduduk. Jadi,daerah itu tadinya permukiman kumuh. Tapi,udah diperbaiki pemerintah jadi pemukinan layak huni. Beneran lho! Rumah" di Solo nggak ada yang kayak pemukiman kumuh Jakarta. Jadi malu gw... Tapi gila! Solo siang hari panas bgt! Bisa meleleh gw...

Emang Indonesia negara ngaret. Katanya acara jam 1. Tapi udah jam 1,belom ada tanda" acara bakal dimulai. Nasib... Beberapa menit gw menunggu. Ternyata yang hadir adalah Menteri Perumahan Rakyat,Menteri Pekerjaan Umum,dan perwakilan UN Habitat. Seperti biasa,acara diawali dengan sambutan" nggak jelas. Udah mana pas sambutan,Pak Menteri pake pantun segala! Ajigile dah.... But,it was real! Gokil abis dah! Beliau mantun dalam beberapa bahasa!

Setelah itu,tibalah saat yang gw tunggu". TERIMA HADIAH! Gw dan Budi maju ke depan. Gile! Serasa seleb! Semua mata tertuju pada gw(Miss Indonesia itu mah!),mata gw sampe silau kena blitz kamera. Hahaha... Untung gw udah biasa foto pas Abnon! Acara dilanjutkan dengan peninjauan kawasan yang udah dibangun oleh Pak Menteri. Gw ga ikut! Males,bo!

Lalu,gw,Budi,dan beberapa orang panitia membuat acara lain. FOTO"! Hahaha... Narsis mode on. Inilah hasilnya...

Ada Putra Solo ganteng! Hahahahaha....

Setelah puas foto",gw dan nyokap punya acara sendiri. Jalan".. Kita dijemput oleh supirnya temen nyokap. Kita balik dulu ke hotel buat ganti baju. Nyantai is the best dah! Setelah itu,kita jalan" keliling kota Solo.

1.Ke Pusat Grosir Solo
Di sana gw beli" batik ma nyokap. Nawar" kayak orang bego. Gw hanya mendapatkan 2buah kolor batik. Sumpah! Gw ngantuk bgt pas nyokap belanja. Untung gw masih dalam keadaan sadar! Nggak tidur di jalanan. Di sana gw juga ketemu temen nyokap. Namanya Pak Taufik. Beliau bokapnya Mas Dudy(yg setia ngisiin gw pulsa setiap minggu by utang. Hahaha). Pak Taufik tuh GM Garuda di Solo. Mas Dudy dan bokapnya udah kayak pinang dibelah kampak! Mirip abis.... Pak Taufik dengan baiknya ngasih pinjem mobil dan supir buat selama gw di Solo.

2.Liat" Keraton
Ini yang sebenernya gw tunggu". Hahaha... Norak abis! Gw nggak turun dari mobil,cuma ngeliat" aja. Yang namanya lingkungan keraton tu rapi bgt! Teratur! Mungkin karena pengaruh budaya masyarakat yang kentel bgt. Pas udah mau keluar,gw ngeliat kebo" lagi bekubang. Katanya sih,itu kebo" keramat. Hahaha... Lucu juga! Kebonya nggak kayak kebo" biasa. Mungkin mereka adalah artis di spesiesnya. Nyokap gw pun mengebadikan moment BKB(Bukan Kebo Biasa) itu. Sayangnya,gw nggak bisa masukin foto sang BKB. Di HP nyokap,cuy!

3.Pasar Klewer
Gile dah! Nih pasar padet bgt! Lagi" gw ga bisa turun. Cuma ngelewatin tuh pasar yang ribetnya masyaoloh! Nggak beda sama pasar" lainnya.

4.Beli Oleh"
MAKANAN!! Itu udah jadi ciri khas kalo pergi". Nyokap ngeborong makanan khas Solo di sebuah toko. Lanjut ke perjalanan pulang,gw tidur di mobil saking ngantuknya...

Sore itu,gw hanya bisa istirahat. Karena malam itu gw harus liat pameran Hari Habitat,dimana esai gw dipamerin! Malam setelah buka puasa,gw ma nyokap jalan naik becak ke tempat pameran. Di sana gw ketemu Bu Made and crew. Kita diajak makan malem di Nasi Liwet Bu Wongso Lemu. Katanya sih,tempat itu sering dikunjungi artis. Gwlah artis berikutnya yang udah ke sana! hahaha...
Udah gitu,gw masih laper. Gw cabut ke Pizza Hut ma nyokap. Ahahai... Kenyang... Setelah itu,balik lagi ke pameran. Ternyata,Solo di malam hari anginnya dingin. Mantab dah tu kota! Setelah pameran selesai,gw balik ke hotel. Tidur...

Jam setengah 4,gw bangun sahur. Udah ada makanan! Walau hanya nasi,perkedel,emping,dan sisa pizza,dan garlic bread gw. Cukup lah! Abis sahur,gw packing. Gw cuma 2hari di Solo. Nggak puas! Karena nggak sempet nemuin temen" gw di Jogja. Huhuhu...

Pagi jam 7,gw bangun. Langsung mandi dan siap". Pesawat gw dijadwalkan berangkat jam 11. Sriwijaya Air. Jam setengah 9,supir yang jemput gw udah dateng. Gw langsung cabut ke bandara jam 9. Perjalanan dari hotel ke bandara hanya memakan waktu 30 menit. But,there was a problem... PESAWAT YANG KE JAKARTA NGARET 1JAM!!!!
ANJRIT!!
Padahal gw pengen buru" balik,karena ada acara buka puasa ma Abnon Jakpus.

Yang bisa gw lakukan hanyalah menunggu... Sabar... Masih tetep baca Cinta Brontosaurus... Dan bernarsis ria ngilangin BT...
Pesawatnya bener" NGARET!! 1,5 jam!!!
Jam setengah 1,gw baru naik pesawat. Huff... Inilah akhir petualangan gw di Solo. Kalo dipikir",gw nggak akan tau Solo kalo gw nggak suka NULIS. Well,that's my choice!
Good bye,Solo...
Semoga gw bisa ke sana lagi...
Suatu hari nanti,mungkin...

Nb: Ada yang kurang saat SOMEONE nggak ada. Salah nggak ya? Ah! Sudahlah... Life must go one...