Jumat, 07 Maret 2008

#4 Solo.. Oh,Solo.... Part 1

Gw adalah orang yang selalu mengharapkan keuntungan maksimal dari usaha minimal. Semua temen gw tau itu. Dan gw hanya bisa mendapatkan semua itu dari MENULIS...
Yup! Gw suka bgt nulis! Bisa dibilang dari hanya membuat cerpen" nggak logis dari SD,berkembang hingga sebuah novel saat kelas 1 SMP. Sampai akhirnya gw diminta membuat karangan" argumentatif oleh guru" gw untuk lomba. Kebiasaan itu berlanjut sampai sekarang. Semuanya berawal dari iseng".
Tapi, apa hubungannya dengan Solo??


Senin,17 September 2007.
Hari itu masih bulan puasa. Gw juga baru balik dari karantina ABNONKU. Kemudian,gw denger kabar dari temen gw kalo ada job lomba nulis esai dari guru gw. Waktu itu Hana yang bawa brosurnya. Sensor otak penulis gila gw langsung bereaksi mendengar berita itu. BIPP... BIP... Money.. Money... hahaha
Gw langsung meminta brosur itu. Temanya tentang 'UPAYA MENCIPTAKAN LINGKUNGAN PERUMAHAN YANG AMAN DAN NYAMAN'. Cring! Otak gw langsung membayangkan apa yang akan gw tulis. Inilah penulis sejati! Karena brosur cuma ada 1(dan gw males fotokopi,alasan financial! hhe...),gw pun mencatat persyaratan lomba itu. Yang pertama kali gw liat sebelum ikut lomba adalah tema dan DEADLINE. Selanjutntya HADIAH dan tingkatan lomba. Ternyata lomba itu tingkat nasional! Berhadiah 5juta rupiah untuk Juara I.
Tertulis dengan jelas bahwa deadline esai itu adalah 21 September 2007. MEPET BGT!! Gw emang penulis yang biasa gila dikejar deadline. Tapi,untuk urusan bulan puasa... dan gw masih ngurus bulan" pertama tugas gw sebagai None Buku Jakpus,sepertinya sulit...

Gw hanya mengandalkan kekuatan tekad. Udah mana gw nggak ada printer.. Semua terasa makin berat.
Kalo deadline tanggal 21,paling nggak tanggal 19 atau 20 gw harus udah selesai. Biar tulisan gw bisa diedit sama Pak Agus. Itu berarti waktu gw hanya 3hari. Dengan kerja keras,gw berusaha menyelesaikan tulisan itu.
Hari pertama,yang gw lakuin adalah nyari data dari warnet. Secara dulu gw belom punya internet,warnet pun jadi. Data pun terkumpul dalam waktu kurang dari 1jam. Malamnya,gw mulai menganalisis data itu.
Hari kedua,gw mulai menulis. Karena ketentuan tulisan maksimal 5hal,gw buat 4! hahaha.. Tapi,hari itu otak gw cuma mentok 1halaman aja!! TOLOL... Gw membiarkan inspirasi datang mengalir. Gw memutuskan untuk menyelesaikannya di hari kedua. Gw masih nggak tau judul. Biasanya, kalo mau lomba gw melaksanakan ritual wajib,yaitu KERAMAS dan NULIS SAMPE JAM 2 PAGI. Di setiap lomba yang gw ikuti,kedua ritual itu MANJUR! Tapi,karena bulan puasa ritula kedua nggak terlaksana. Takut nggak bisa sahur!
Ritual kedua gw ganti jadi NULIS SETELAH SAHUR HINGGA MAU BERANGKAT SEKOLAH. Ini nggak bekerja dengan baik. Otak gw mati rasa. Gw bertekad untuk menyelesaikan hari itu,karena sorenya gw harus ngeprint di kantor nyokap. Waktu udah menunjukkan jam 6. Gw harus siap" ke sekolah! Gawat.. Gw pun memutuskan untuk melanjutkannya ntar sore di kantor nyokap. Di kantor nyokap pun,gw masih buntu dan nggak ada inspirasi. Pdahal,gw liat di sekolah si Hana udah selesai. Makin ngiri aja gw...
Akhirnya,jam 6 sore di kantor nyokap.. Esai itu selesai!! Pas bgt waktu buka puasa. Langsung gw print! Gw pun membeli sebotol Aqua buat buka puasa. Makannya sih nanti aja di rumah! Alhamdulillah.... Bisa selesai dalam 3hari.
Besoknya,gw mau ngasih ke Pak Agus. Hana juga mau ngumpulin. Tapi,Pak Agus nggak ada!!! Emosi gw... Untung masih tanggal 19. Jadi besok masih ada waktu.
Well,untung besoknya Pak Agus ada. Jadi esai gw bisa diedit. Pagi gw kasih,siangnya udah dibaca. Untung kesalahan gw dikit. Cuma masalah titik dan tanpa petik,sama kurangnya data pendukung. OKE,Pak! Sore ini gw ke kantor nyokap lagi buat ngedit.
Tepat tanggal 21,esai siap gw kumpulkan. Gw n Hana cabut sanlat buat ngumpulin esai. Di Kebayoran bo! jauh dr skul gw. Udah mana nyokap ga bisa nganter! Mampus... Bisa sia" usaha gw..
Untungnya,staf nyokap gw,mba Anggi suaminya kerja di Pos. Jd,bisa minta kirimin! Hana pun menitipkan esainya ke gw. Gw langsung bergegas ke kantor nyokap. Di sana gw ngejilid esai gw,dan ngeberesin ke amplopnya. Esai siap dikirim. Ternyata,nyokap baru aja nelpon panitia lombanya. DEADLINE DIUNDUR JADI TANGGAL 25!!! Alhamdulillah... Rencananya esai gw dikirim hari senin,tgl 23. Ga pa-pa lah... Sore itu,esai yg udah siap kirim gw serahin ke mba Anggi.
Huff... Leganya....

Gw hanya bisa menunggu.... Apakah esai gw lolos apa nggak? Lalu,semua itu terjawab...

Kamis,27 September 2007.
Saat jam pelajaran,gw ditelpon oleh panitia lomba. Namanya Bu Made. Beliau ngasi tau kalo....
ESAI GW JADI JUARA I!!!!!!
Yeeeeeeeeeeeaaaaaaaaaaaahhh........!!!!!!!!!!!
Rasanya gw mau teriak dan lompat kegirangan. Baru kali ini gw jadi juara I se-Indonesia. Gw ga tau harus nangis atau ketawa. Semua nyampur di otak gw. Bu Made bilang kalo penyerahan hadiah buat gw akan dilaksanakan di Solo,saat peringatan Hari Habitat.
Hahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahahaha..........
Gw ketawa lepas. Gw nggak pernah k Solo. Sekalinya gw ke sana,GRATIS! Siapa yang ga seneng coba!

To be continue...

Tidak ada komentar: