Kamis, 18 September 2008

Dari colokan segi-5 sampai Tukang BAJAJ!!

Mengerjakan tugas bukanlah hal yg mudah dikerjakan sambil main",mencontek,atau copy-paste. Apalagi utk pelajaran SOSIOLOGI. ada beberapa indikator yg mengharuskan kita terjun langsung ke masyarakat demi mndapatkan nilai.

kisah ini berlangsung saat gw kls 2,yaitu sekitar akhir semester 2.
tugas jangka panjang Sosio kls 2 adalah wawancara kelompok sosial. jadi,kita harus ngewawancara kalompok" sosial yg ada dlm masyarakat. contohnya: Slankers, Gay, metal, persija,punk, gank sekolah,dll.
dalam hal ini kelompok yang terdiri dr gw,Maya,Rizka,Shinta,Lila,Ninda ini mengambil tema komunitas Arashindo.
Arashindo : fans klub boyband asal Jepang yg bernama ARASHI. bisa dikatakan sebuah kelompok sosial,karena mereka aktif mengadakan kegiatan" yg mempererat interaksi antar anggotanya.

wawancara berlangsung dengan lancar,walau sempat ada sdikit konflik di kelompok gw yg batu & ga tau kondisi. well,kelompok gw terpecah jd 2 kubu. Kubu Arashi & Bike to Work. Awalnya sih emang kita mau ngambil B2W. Tapi,karena keadaan anggota kelompok gw sendiri yg ga profesional makanya kita ngambil Arashi.
Pengambilan data Arashi gampang bgt karena ada Maya (dia anggota aktif ARASHINDO,sampai freak abis!). Jadi,bwt apa nolak rejeki? sampai waktu penyerahan tugas nyaris berakhir,yang benar" sadar utk mengerjakan hanyalah gw,Shinta,dan Maya..

karena beberapa pertimbangan,akhirnya ada lagi anggota kelompok yg sadar diri. Si Rizka. Kita semangat bgt bwt ngerjain tugas. Persetan sama 2 makhluk yg ga setuju! Kan suara terbanyak yg memutuskan!

Video udah ada.
Data cukup.
Presentasi selesai.
Apa yg kurang??

Inilah hambatan terbesar!!
Handycam yg bwt ngerekam punya si Maya masih pake mini DV. Mau ga mau,kita harus pindahin ke komputer biar bisa diedit pake movie maker. Karena rekamannya jelek bgt! Harus diedit di sana-sini.
Maya punya adek yg hi-tech,yaitu Mail. Kata Mail,ada 2 cara bwt mindahin tu video tanpa harus pergi ke tukang transfer.
1.Cari CPU yg ada colokan segi-5,lalu colokin kabel handycam ke situ.
2.Bongkar CPU lo,trus lo pasang port yg ada colokan segi-5 (dibawa Maya tiap hari),trus colokin tu kabel!

sayangnya,komputer Maya ga sanggup bwt ngelakuin semua itu.
komputer shinta juga udah lemot parah.
dan gw jg ga segila itu mau aja CPU gw dicabuli oleh tangan" ga bertanggung jawab.

untung ada IDEL! dia bersedia komputernya dibongkar bwt ngebantu proses pemindahan video kelompok gw. Terpujilah idel..
then,gw minta tolong ke temen gw yg anak jurusan komputer di Jayabaya. Dia ngerti banget soal bongkar" CPU. saking tololnya tuh orang lebih baik disamarkan saja namanya. Sebut saja Monyet.

Monyet udah bersedia ngebantu gw. Dia juga minta bantuan temennya yang canggih,si Jawa. Siang hari di hari Jumat (gw lupa tanggal berapa!),gw,Maya,Shinta,Rizka cabut ke rumah Idel naek mobil antik Maya (baca:mobil PLN warna kuning ngejreng!).
Kita janjian ketemu Monyet & Jawa di jln deket rumah Idel. Mobil antik Maya pun memudahkan mereka menemukan gw.. hahahaha

di rumah idel,tanpa basa-basi 2 tukang reparasi itu langsung ngebugilin CPU Idel.
'Ini dia PC paling seksi!' kata mereka dgn biadab.

gw dan anak" nyiapin handycam,kabel,dan port segi-5. Idel dgn baik hatinya menyiapkan MAKANAN! sekali lagi,terpujilah Idel..

Keberuntungan lagi ga berpihak pada gw.. KOMPUTER IDEL KEBANYAKAN VIRUS! dan memorinya juga ga kuat. Jangankan bwt dipasang port segi-5! Sistemnya aja udah ga bisa diapa"in!. Harus diformat dulu.
Mengetahui hal itu,gw pasrah. Hal serupa juga terjadi pada sang pemilik. Gw liat Idel duduk di pojokan. Mukanya kayak orang mau nangis!
gw ngakak! wkakakakakakakakak! itu jahat bgt..

lalu? apa yg dilakukan 2tukang reparasi kacau itu?
mereka malah becanda di kamarnya Idel! serasa di rumah sendiri. Kayak orang gila lepas deh! hahahaha

hari itu kita masih semangat nyari si ColokanSegi5Keramat itu. Jujur,gw ga pernah ngobrak-ngabrik CPU gw. Tapi gw adalah org yg selalu optimis! Sapa tau aja ada colokan segi-5 indah di CPU keren gw! kita pun memutuskan untuk hijrah ke rumah gw,karena anak" seneng makan gorengan di rumah gw! (nggak nyambung..)

sesampainya d rumah gw,dgn riang gembira & tetap optimis gw ngecek CPU gw. gw liat ada! bentuknya segi-5.
gw nyolokin kabel handycam Maya. apa yang terjadi?
NGGAK BISA..
anak" ngetawain gw dgn sadis..
acara 'usaha memindahkan video' pun berakhir dgn curhat+makan gorengan.

jam 5,anak" pulang. Gimana nasib video?
rizka mencoba ngebawa tu handycam sialan ke rumah sodaranya yang berpotensi bisa ngebantu. yup! hari itu kita nomaden hanya untuk sebuah colokan segi-5.
gw nganter anak" ke depan,sampai mereka naik bajaj. mengapa begitu? karena kemampuan gw untuk nawar bajaj sudah terbukti & teruji. hehehe

Rizka & Shinta udah naik bajaj dengan selamat (plus harga yg pas). tinggal Maya yg masih ga jelas nasibnya. Biasanya,Maya pulang dr rumah gw dengan biaya 10ribu. Berarti menurut hukum Permintaan,kita harus nawar dengan harga lebih rendah untuk dapetin harga yg pas. Kalo bisa setengah harga.
3 bajaj sudah berlalu nolak tawaran manis gw. sampai akhirnya,datanglah tukang bajaj penuh harapan yg gw kira bisa bawa Maya pulang.
tawar menawar pun terjadi..

'Bang,Kayu Manis X ya! Berapa bang?'
'15..'
'7 ya?'

NGEEEEEEENG...!
tanpa bicara apa",tu tukang bajaj langsung kabur!
'TUKANG BAJAJ SIALAN!! GW SUMPAHIN GA LAKU LO!!'

anjrot! gw sama Maya baru aja dicampakkan tukang bajaj. sekali lagi sodara".. TUKANG BAJAJ!!
semua itu karena colokan segi-5..

Finally,Maya bisa pulang dengan duit 10ribu.
sedangkan nasib videonya?
sampai tulisan ini diturunkan,belum juga gw kumpulin...

Tidak ada komentar: